Sunday, September 30, 2007

mudik


Kalender hari ini telah menunjukkan tanggal 30 September 2007. Saya merasa senang sekali. Kenapa ? karena sepuluh hari lagi saya akan pulang mudik ke kampung saya di Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah. Sebuah kota kecil yang menurut saya cukup tenang, nyaman, damai dan jauh dari hingar bingar serta macetnya kehidupan kota seperti yang saya alami di Banjarmasin sekarang ini.

Kenapa ada banyak orang yang mudik menjelang lebaran ? Dan kenapa hal itu mereka lakukan ? Padahal dengan mudik itu mereka akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dari tempat perantauan mereka menuju kampung halaman. Ditambah lagi tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk ongkos mudik tersebut. Bahkan saya pernah melihat di TV, ada tayangan tentang sebagian orang yang menggadaikan barang-barang berharga mereka hanya demi untuk sekedar mendapatkan uang untuk ongkos mudik.

Oya, apa sih definisi dari istilah mudik itu ? setelah saya iseng-iseng mencari di jagad internet, ternyata di situs wikipedia Indonesia definisi mudik ini ada disebutkan. Di situ disebutkan bahwa mudik adalah "kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, mudik boleh dikatakan sebuah tradisi yang mutlak harus dilaksanakan. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua".Konon tradisi mudik ini hanya ada di Indonesia saja.

Yang jelas, alasan yang dikemukan oleh hampir semua orang yang melakukan ritual mudik adalah keinginan untuk bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Bagi mereka, kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga itu merupakan sesuatu yang membuat mereka merasa bahagia dan bisa sejenak melupakan segala urusan yang senantiasa menyibukkan mereka tiap harinya. Perasaan bahagia itulah yang akhirnya mengalahkan rasa capai dan lelah mereka ketika menempuh perjalanan yang jauh dalam rangka mudik ke kampung halaman. Dan itu pula yang saya rasakan setiap tahun menjelang mudik. Dan sampai hari ini pun juga perasaan itu menggelayuti diri saya.

Bagaimana dengan anda ? apakah anda akan mudik juga tahun ini ?

No comments: